Google+ Facebook Twitter mail SC

Thursday 19 September 2013

Tagged Under:

Microsoft PowerPoint

By: Rifza On: 19:10
  • Share The Gag
  • Microsoft Power Point

    A.   Definisi Microsoft  Power Point
    Microsoft Power Point adalah salah satu program presentasi yang popular pada saat ini. Seiring dengan perkembangan computer sebagai sabuah perangkat multimedia, presentasi bisa dirancang dengan computer. Dengan Ms. Power Point masyarakat bisa membuat dan merancang sebuah presentasi dengan menarik.


    B.   Toolbar Ms Power Point
    Toolbar pada dasarnya merupakan tombol untuk mempersingkat pengaktifan perangkat bantu daripada mengaksesnya menggunakan menu. Misalnya kita ingin menyimpan dokumen, maka jika menggunakan menu, kita harus mengakses menu File kemudian di item Save, tetapi dngn toolbar, kita cukup mengklik tombol bergambar disket.
    Kelompok toolbar:

    a.       Standard, berisi tombol-tombol yang digunakan untuk aktifitas penyuntingan
    b.      Formtting, berisi tombol-tombol yang digunakan untuk format dokumen
    c.       Control Toolbox, berisi control-kontrol masukkan seperti text box
    d.      Drawing, berisi kontrol-kontrol untuk menggambar.
    e.       Outlining, berisi tombol-tombol mengatur outlining
    f.       Picture, berisi tombol-tombol mengatur tata letak gambar
    g.      Reviewing, berisi tombortl-tombol berhubungan pelacakan dokumen
    h.      Revisions, menampilkan panel yang berisi pelacakan erhadap perubahan yang dilakukan pada slide.
    i.        Table and Borders, berisi tombol-tombol mengatur tata letak tabel
    j.        Task Pane, menmpilkan atau menyembunyikan Task Pane
    k.      Web, berisi kontrol-kontrol web browser
    l.        WordArt, berisi tombol-tombol mengaktifkan firtur wordart

    Presentasi Sederhana
    A.   Mengakses program Ms. Power Point
    Dalam mengakses Microsoft power point ini bisa menggunakan cara yang berbeda. Ada 3 cara untuk mengaksesnya :
    1.     Dengan menklik tombol start, lalu mengklik tombol program, lalu klik Microsoft Office, kemudian klik Microsoft Office Power point.
    2.     Klik icon shortcut Power point yang ada di desktop computer/laptop kita
    3.     Mengklik salah satu document Power Point yang ada di laptop/computer.

    B.   Membuka File Presentasi
    1.     Setelah membuka Microsoft Power Pointnya, klik File, lalu klik Open atau menekan tombol pada keyboard CTRL + O
    2.     Pilih dan Klik look in
    3.     Cari letak dokumen presentasi yang akan dibuka
    4.     Pada File Name ketikan nama file yang di inginkan
    5.     Klik open.


    C.   Background Objek Teks
    1.     Klik view, klik slide/ klik tombol tampilan slide view
    2.     Pilihlah slide yang diinginkan
    3.     Untuk motif belakang, klik format, klik color & lines
    4.     Pilih color, klik fill effects
    5.     Pilihlah warna yang diinginkan
    Untuk mendapatkan gambar atao foto yang diinginkan, harus menyimpan foto atau gambar ru terlebih dulu di suatu folder, setelah itu cari letak dan buka folder berisi gambar atau foto itu.

    D.   Menyisipkan Objek, Audio dan Video pada Presentasi, mengatur efek dan transisi
    a.     Menyisipkan Objek
    Untuk menyisipkan objek gambar (clipart/picture), dapat dilakukan dengan cara:
    1.     Melalui kotak dialog New Slide, klik text & clipart
    2.     Melalui menu insert klik clipart
    3.     Melaluiicon Insert picture Clip Art yang ada pada toolbar Drawing yang ada dibawah
    4.     Kemudian pilih gambar yang diinginkan

    b.     Audio & Video
    Untuk memberikan efek audio dan video dalam Ms Power point:
    1.     Buet terlebih dahulu menu dalam slide sebagai petunjuk nafigasi
    2.     Blok salah satu petunjuk nafigasi
    3.     Klik kanan mouse pada dalam daerah yang telah di blok
    4.     Pilih icon Action Setting..
    5.     Klik Hyperlink to..
    6.     Pilih other file..
    7.     Cari folder dimana film itu didimpan.
    8.     Klik ok.


    Presentasi Bernavigasi
    A.   Mengabungkan Dokumen Presentasi Hyperlink
    Jika kita punya atau telah membuat beberapa slide presentasi dan kita akan menggabungkannya untuk empermudah cara [enyampaian presentasi di perlukan suatu nafigasi yang baik.

    Penggabungan beberapa slide/ beberpa document yang sama / berbeda dapat dilakukan dengan cara:
    1.     Klik slide show
    2.     Pilih Action Button
    3.     Pilihlah bentuk Action Button yang sesuai dengan kebutuhan
    4.     Jika berukpa teks, teks tersebut di blok terebih dulu lalu klik kanan pilih Action Settings
    5.     Pilih Hyperlink to..
    6.     Jika yang akan ditampilkan berupa slide, pilih slide
    7.     Jika yang akan ditampilkan berupa file yang berbeda, klikOther file, cari folder letak dari file/dokumen yang akan diaktifkan, setelah itu klik Ok
    8.     Jika ingin mengakhiri tampilan dari program presentasi pada Hyperlink to.. pilih dan klik End Show.



    B.   Tabel
    Kita dapat membuat tabel dengan beberapa cara melalui kotak dialog New Slide, Tool bar standars atau menu insert.
    Cara membuat tabel:
    1.     Aktifkan file presentasi yang ingin disisipkan tabel
    2.     Klik insert, klik Table
    3.     Atau klik pada format, lalu klik Slide Layout,
    4.     Pilih tabel

    C.   Grafik
    Membuat grafik dengan langkah-langkah sebagai berikut.
    1.     Klik format,
    2.     Pilih dan klik Slide Layout yang diinginkan
    3.     Klik double klik pada tanda chart di tengah slide
    4.     Klik insert
    5.     Pilih dan klik chart
    6.     Pilih grafiknya dan masukan datanya


    D.   Diagram
    Langkah-langkah memasukkan diagram ke Microsoft power Point:
    1.     Klik insert, pilih dan klik Slide  Layout
    2.     Pilih Slide Layoutyang diinginkan
    3.     Klik insert, klik diagram
    4.     Pilih dan klik diagram yang mana yang diingikan
    5.     Klik insert shape, pilih yang diinginkan
    6.     Pilih layout diagram yang diinginkan
    7.     Pilih design diagramnya
    8.     Input data-datanya ke diagram

    Menggabungkan data lain dan membuat paket dan cetakan presentasi

    A.       Mencetak slide
    1.     Pengaturan Slide format percetakan
    Sebelum melakukan percetakan ada beberpa hal yang perlu dilakukan, seperti:
    a.     Menentukan ukuran slide yang sesuai dengan jenis media percetakan.
    b.     Member nomor pada slide
    c.      Oriendasi percetakan (landscape atau portrait)
    Prosedur yang harus dikerjakan:
    1.     Tampilkan file presentasi dalam tampilan slide show
    2.     Klik menu file lalu klik page up

    3.     Klik panah bawah pada kotak Slides sized For..:
    -         On screen show, menentukan ukuran slide yang dicetak seperti tampilan pada layar
    -         Letter paper (8,5x11inc),
    -         A4 paper (210x297mm)
    -         35mm
    -         Custom
    4.     Pilih dan klik yang diinginkan
    5.     Tentukan tinggi lebarnya slide pembagian width dan height
    6.     Tentukan nomor awal halaman slide yang akan dicetak pada bagian Number Slides for
    7.     Klik pilihan orientasi pencetakan slide pada bagian slides
    8.     Klik pilihan orientasi pencetakan catatan (notes), handouts, dan outline pada bagian Notes, Handouts & Outline
    9.     Klik ok untuk konfirmasi

    2.     Pencetakan Slide ke Printer
    Setelah melakukan format slide yang akan dicetak, sekarang dapat mencetak melalui printer.:
    a.     Aktifkan file presentasi yang akan di print
    b.     Klik menu file lalu pilih Print
    c.      Klik panah bawah bagian printer untuk memilih jenis printer
    d.     Tentukan halaman yang akan dicetak pada bagian Print Range:
    o   All
    o   Current slide
    o   Slide
    e.      Klik panah atas atau bawah untuk menentukan jumlah salinan cetakan yang diinginkan.
    f.       Klik panah bawah pada bagian Print What untuk menentukan yang akan dicetak
    g.     Tentukan pilihan pencetakan yang lain
    h.     Klik ok.


    0 comments:

    Post a Comment